Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Penjualan Mebel (Studi Kasus : Mebel Sumber Saudara Semarang)

  • Tyas Amalia Ramadhani mercu buana yogyakarta
  • Agus Sidiq Purnomo Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: data mining, k-means, clustering, meubel

Abstract

Mebel adalah perusahaan dagang sekaligus pembuat furniture perlengkapan alat-alat rumah tangga yang berbahan dasar kayu. Seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur, pintu, jendela dan kayu yang dipakai berbagai macam jenisnya, seperti bengkirai, jati, kamper, mahoni, merantai. Mebel Sumber Saudara masih kesulitan untuk masalah pemasaran. Karena customer mencari kayu yang kokoh untuk pesenannya. Tapi dari kebanyakan customer lebih memilih untuk membeli di toko furniture. Kelebihan di mebel adalah bisa memilih kayu perlengkapan customer. Dengan kualitas yang bagus mereka bisa memakai perlengkapan tersebut jadi tahan lama. Pada penelitian ini menggunakan data mining dengan teknik Clustering menggunakan metode k-means. Penelitian ini dimaksud untuk membantu Mebel Sumber Saudara yang bertepatan di Semarang untuk membuat pengelompokan data penjualan agar dapat memaksimalkan manajemen setiap transaksinya. Variabel yang digunakan adalah nama barang, tanggal transaksi, harga barang, dan jumlah setiap transaksi. Pemilik Mebel dapat melihat hasil pengelompokan setiap transaksi mana yang paling diminati dan kurang di minati. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara kepada pemilik Mebel Sumber Saudara. Dalam penelitian ini menghasilkan sebuah sistem Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Penjualan Mebel yang dapat memberikan kemudahan pada pemilik dalam mengelompokkan data produk sangat laku, laku, dan kurang laku.

 

Kata kunci: Data Mining, K-Means, Clustering, Meubel..

 

Author Biography

Agus Sidiq Purnomo, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Informatika

Published
2021-12-02