Implementasi Data Mining Pengambilan Keputusan Penentuan Korelasi Produk Berdasarkan Pola Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori

  • Addzifi Mochamad Gumelar Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Mutaqin Akbar Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Asosiasi Apriori, Data mining, Korelasi Produk di Minimarket, Transaksi Minimarket

Abstract

Data transaksi penjualan mengalami peningkatan, sehingga diperlukan pemrosesan untuk menjadikan data
record transaksi penjualan tersebut menjadi sebuah informasi, yang nantinya akan berguna untuk pembeli
dalam pencarian produk dengan cara mencari keterkaitan produk yang dibeli secara bersamaan. Cara melihat
keterkaitan item produk yang dipinjam dilakukan analisis transaksi pada bulan Oktober 2019 data tersebut dicleaning untuk memilih atribut nomor faktur, kode produk dan nama barang yang penulisannya tidak konsisten
kemudian data tersebut dikelompokkan menjadi satu transaksi berdasarkan nomor faktur dan ditransformasi
menjadi data tabular untuk melakukan perhitungan itemset produk yang dibeli secara bersamaan. Algoritma
Apriori ini akan membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua
parameter support dan confidence, untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Dari hasil
pengujian, sistem yang dibangun mampu melakukan penerapan algoritma apriori dengan terbentuknya polapola frequent itemset dari data transaksi sebagai bahan analisis pola pembelian belanja konsumen. Berdasarkan
uji coba dengan menggunakan nilai minimum support 0.1% (0.001), confidence 90% (0.9) menghasilkan
4 aturan asosiasi sehingga susunan produk yang didekatkan secara berturut-turut adalah AQUA 1500ml,
CIMORY MANGO 250ml, TEH POCI JASMIN 25 S, INDOMILK STERIL STRAW, TEH POCI GOLD 40g
dan FRUIT TEA GUAVA 500ml.

Published
2020-11-30
Section
Articles