Analisis Pola Transaksi untuk Rekomendasi Menu Paket pada Outlet Ayam Geprek dengan Algoritma Apriori

  • Ardhiyan Akhsa Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Arita Witanti Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Analisis Pola Transaksi, Asosiasi Data Mining, Korelasi Produk di Outlet Ayam Geprek, Algoritma Apriori Data Mining

Abstract

Penerapan data mining dapat membantu pelaku industri kuliner sebelum mengambil sebuah keputusan bisnis
untuk mengembangkan usahanya. Metode yang digunakan bisa memakai metode asosiasi dengan algoritma
apriori untuk menentukan rules yang bisa mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna. Algoritma
apriori adalah bagian dari metode asosiasi pada data mining yang bertujuan untuk menemukan frequent itemset
dari sekumpulan data tertentu. Proses algoritma apriori dilakukan dengan menentukan frequent itemset yang
memenuhi syarat minimum support dan minimum confidence yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian
ini bertujuan untuk menemukan kombinasi menu A La Carte dengan menu Beverage yang dibeli secara
terpisah diluar menu paket, menggunakan sebanyak 949 records yang diolah dari 12503 records data transaksi
mentah di outlet ayam geprek periode Maret sampai Mei 2020. Aturan asosiasi final yang digunakan sebagai
rekomendasi menu paket pada outlet ayam geprek yaitu aturan “81.9% pembeli Beverage Milo, maka akan
membeli A La Carte Ayam Geprek”, dengan nilai support 0.15806, nilai confidence 0.81967 dan lift ratio
dengan nilai sebesar 1.8972.

Published
2020-11-30
Section
Articles