Sistem Pemilihan Produk Waralaba dengan Metode Weighted Product

  • Oktoviana Suryaningtyas Wulandari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Putri Taqwa Prasetyaningrum
Keywords: Produk Waralaba, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product

Abstract

Pada saat ini sudah banyak jenis produk waralaba yang ada di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Apalagi
dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan keuntungan dengan usaha waralaba atau
frenchise. Mengingat perlu pengetahuan dan pengalaman tertentu untuk menjalani usaha, maka banyak orang
yang lebih memilih usaha dengan sistem waralaba, karena usaha waralaba sudah memiliki standar dan merk
tersendiri. Sehingga tidak harus mulai dari awal perancangan usaha dan prosedur awal lainnya. Bagi orang
yang baru di dunia usaha tentu akan mengalami kesulitan dalam memilih usaha waralaba yang tepat. Dalam
memilih ada kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dan masing-masing orang memiliki kriteria yang berbeda
tingkat kepentingannya.
Solusi untuk memecahkan masalah pemilihan produk waralaba adalah dengan pembuatan sistem pendukung
keputusan yang memiliki pemrosesan data dan pertimbanganya dalam membantu mengambil keputusan.
Metode yang dipilih adalah menggunakan adalah Weighted Product yang lebih efisien karena waktu yang
dibutuhkan dalam perhitungan lebih singkat.
Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan solusi pengambilan keputusan pemilihan produk waralaba, perlu
disusun beberapa kriteria dan alternatif. Untuk membantu proses pemilihan produk waralaba, maka dibuat
sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan produk yang didalamnya terdapat tempat untuk memasukkan
kriteria dan hasil perhitungan berupa alternatif produk waralaba dari metode di atas yang diharapkan mampu
membantu calon wirausaha dalam menentukan produk waralaba.
Sistem pendukung keputusan berguna untuk mengolah data-data kriteria input pemilihan produk waralaba dan
menghasilkan output berupa rekomendasi pemilihan produk waralaba yang memiliki bobot cukup. Berdasarkan
perhitungan sistem, presentase keberhasilan yang di dapat adalah 100% sama dengan hasil perhitungan manual
dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil perhitungan menggunakan sistem menghasilkan nilai V tertinggi
pada produk waralaba yaitu 0.0201 pada alternatif ke-8 dengan nama produk waralaba Fremilt Thai Tea dan
nilai V terendah yaitu 0.0097 pada alternatif ke-70 dengan nama produk waralaba The Clean Bar Shoes & Bag
Cleaning.

Published
2020-11-30
Section
Articles