Aplikasi Pengenalan Dunia Satwa Berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Metaverse Studio

  • Suraya Suraya Institut Saint dan Teknologi AKPRIND
  • Muhammad Sholeh Institut Saint dan Teknologi AKPRIND
  • Markus Andika Institut Saint dan Teknologi AKPRIND
  • Bismin Bismin Institut Saint dan Teknologi AKPRIND
Keywords: anak-anak, Augmented reality, Binatang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif pembelajaran dengan menggunakan teknologi
komputer terutama augmented reality. Pembelajaran yang akan dikembangkan dikhususkan untuk pembelajar
anak-anak dengan pembatasan pada pengenalan dunia satwa. Dengan menggunakan augmented realty
tampilan satwa dapat dibuat dalam bentuk tiga dimensi dan dilengkapi dengan nama binatang dalam Bahasa
Indonesia dan Bahasa Inggris serta dilengkapi suara binatang. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian dengan melakukan kegiatan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tahapan yang dilakukan
adalah dengan membuat story board untuk merancang tampilan animasi yang akan dibuat dan tahapan
produksi dengan membuat aplikasi dengan Metaverse Studio. Hasil penelitian ini akan menghasilkan aplikasi
augmented reality yang menggambarkan binatang dalam bentuk 3D dan dilengkapi dengan latihan untuk
menjawab nama binatang. Aplikasi augmented reality ini diperuntukkan untuk anak-anak sebagai upaya untuk
memperkenalkan nama bintang beserta suara dan text nama binatang dalam bahasa Indonesia maupun dalam
bahasa Inggris.

Published
2020-11-30
Section
Articles