Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Tanaman Obat Tradisional berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Studio.Gometa.io
Abstrak
Berkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi tidak dapat dihindari pada penggunaan pada berbagai bidang. Penggunaan teknologi informasi sudah digunakan pada berbagai pekerjaan termasuk di pendidikan. Salah satu trend teknologi informasi yang dapat dimaksimalkan dalam mendukung proses belajar mengajar adalah penggunaan teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality dapat menampilkan informasi berupa gambar dalam bentuk 2D atau 3D dan dilengkapi dengan fasilitas suara dan gambar. Dalam penelitian ini, akan dikembangkan aplikasi pengenalan tanaman dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi dapat dimanfaatkan pengguna untuk menampilkan informasi mengenai tanaman yang dapat dijadikan obat. Metodologi penelitian menggunakan metodologi pengembangan metode Research and Development (R&D). Dengan menggunakan metode ini proses pengembangan aplikasi dapat dilakukan penambahan fitur-fitur selama dalam pengembangan. Pengembangan aplikasi Augmented Reality dikembangkan dengan menggunakan aplikasi online gometa.studio.io dan hasil aplikasi dijalankan dengan menggunakan aplikasi android metaverse. Hasil penelitian berupa aplikasi pengenalan tanaman yang dapat digunakan sebagai media untuk pengenalan tanaman yang dapat dijadikan obat .Aplikasi dirancang sebagai aplikasi yang bersifat edukatif. Aplikasi didesain menggunakan aplikasi berbasis online yaitu gometa.studio.id. Aplikasi gometa.studio.id ini memanfaatkan teknologi augmented reality yang dapat digunakan sebagai informasi tanaman dengan menggunakan gambar 2D/3D..