Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Tanaman Obat Tradisional berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Studio.Gometa.io

  • Ria Mega Lestari Institut Sains & Teknologi Akprind

Abstrak

Berkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi tidak dapat dihindari pada penggunaan pada berbagai  bidang. Penggunaan teknologi informasi   sudah digunakan pada berbagai  pekerjaan  termasuk di pendidikan. Salah satu trend teknologi informasi yang dapat dimaksimalkan  dalam mendukung proses belajar mengajar adalah penggunaan teknologi Augmented Reality.   Teknologi Augmented Reality dapat  menampilkan informasi berupa gambar dalam bentuk 2D atau 3D dan dilengkapi dengan fasilitas  suara dan gambar. Dalam penelitian ini, akan dikembangkan aplikasi pengenalan tanaman dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi  dapat dimanfaatkan   pengguna untuk menampilkan informasi   mengenai tanaman yang dapat dijadikan obat. Metodologi penelitian  menggunakan metodologi pengembangan metode Research and Development (R&D). Dengan menggunakan metode ini proses pengembangan aplikasi dapat dilakukan penambahan fitur-fitur selama dalam pengembangan. Pengembangan aplikasi Augmented Reality dikembangkan dengan menggunakan aplikasi online gometa.studio.io dan hasil aplikasi dijalankan dengan menggunakan aplikasi android metaverse. Hasil penelitian berupa aplikasi pengenalan tanaman yang dapat digunakan sebagai media untuk pengenalan tanaman yang dapat dijadikan obat .Aplikasi dirancang sebagai aplikasi   yang bersifat edukatif. Aplikasi didesain menggunakan aplikasi berbasis online yaitu  gometa.studio.id. Aplikasi gometa.studio.id ini memanfaatkan teknologi augmented reality yang dapat digunakan  sebagai  informasi tanaman dengan menggunakan gambar 2D/3D..