Analisis Sentimen Hotel di Nusa Tenggara Barat Menggunakan Algoritma SVM Hotel Sentiment Analysis in West Nusa Tenggara Using the SVM Algorithm

  • kenya akae universitas amikom yogyakarta
  • Rahmad Arif Setiawan Universitas Amikom Yogyakarta
  • Maricha Oki Nurharyanto Universitas janabadra
  • Yoga Asmara Universitas Amikom Yogyakarta
  • Azis Wahyudi Universitas Amikom Yogyakarta

Abstrak

Nusa Tenggara Barat sudah menjadi salah satu opsi kedua wisatawan mancanegara maupun domestik selain pulau Bali. Puluhan Hotel muncul dengan berbagai fasilitas yang ada, seperti transportasi antar jemut, layanan makanan dan minuman, layanan loundry, deposit box, kulkas mini, dan layanan lainnya yang terkadang menjadi icon hotel tertentu. Munculnya situs booking seperti Agoda, Traveloka, Mr Aladin, Reddoors, OYO, dan lain-lain turut meramaikan pengunjung yang datang menginab di hotel pulau NTB. Semakin ramai nya wisatawan yang menggunakan hotel melalui situs booking tersebut membuat pasar semakin ramai dan calon konsumen semakin selektif dalam memilih hotel dengan menjadikan review hotel sebagai tolok ukur utama kualitas hotel. Saat ini wisatawan yang menulis komentar pada review hotel secara online melalui situs booking sudah semakin banyak. Membaca keseluruhan review untuk memilih sebuah hotel akan sangat menyita waktu, sedangkan jika membaca sebagian saja maka informasi yang akan didapat menjadi tidak valid. Untuk itu pada penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen pada hotel yang berada di Nusa Tenggara Barat menggunakan metode SVM ( Support Vector Machine ) dengan mengkombinasikan Term Frequency–Inverse Document Frequency (TF–IDF) untuk mengetahui sentimen hotel yang ada di NTB. Penelitian ini menggunakan data yang ada pada situs traveloka, preprosesing yang dilakukan menggunakan proses konversi slangword menjadi kata baku yang disesuaikan dengan KBBI, kemudian stemming, dan menyisipkan kata-kata stopword baru selain stopword pada librari satrawi. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah sentimen positif sebesar 320 dan sentimen negatif sebesar 90, serta untuk nilai akurasi sebesar 95,09%, Recall sebesar 81,48%, dan Presisi sebesar 97,32% dengan lama waktu proses 1 menit 19 detik.

Diterbitkan
2021-12-02